Mengenal Kuntul kecil (Egretta garzetta)

Mengenal Kuntul kecil (Egretta garzetta). Kuntul kecil (Egretta garzetta) merupakan salah satu jenis burung air yang sebagian hidupnya berada di daerah perairan atau lahan basah. Kuntul kecil termasuk dalam ordo Ciconiiformes dan famili Ardeidae yang tersebar di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia, diantaranya Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali.

Mengenal Kuntul kecil (Egretta garzetta)


Klasifikasi kuntul kecil (E.garzetta)

Kingdom : Animalia
Phylum : Vertebrata
Class : Aves
Subclass: Neornithes
Ordo : Ciconiiformes
Famili : Ardeidae
Genus : Egretta
Spesies : Egretta garzetta

Deskripsi

Jenis Burung ini Berukuran yaitu antara 55-65 cm dan memiliki panjang bentangan sayap 88–106 cm. dan berbulu putih mirip Kuntul Kerbau, tetapi ukurannya lebih besar, badan lebih ramping, paruh dan kaki hitam, bulu putih bersih, tengkuk berbulu tipis panjang, bulu pada punggung dan dada berjuntai saat berbiak. Iris kuning, kulit muka kuning kehijauan (kemerahjambuan saat berbiak), paruh,tungkai dan kaki hitam.

Kebiasaan

Kuntul kecil ini dapat ditemukan disawah, tepian sungai, beting pasir dan lumpur, serta sungai-sungai kecil di pesisir. Burung ini mencari makanan dalam kelompok yang terpencar-pencar, sering bercampur dengan burung-burung perancah yang lain. Kadang-kadang terlihat mengejar mangsanya di tepian pantai di tempat yang dangkal. Bila pulang ke tempatnya bermalam, burung-burung ini terbang dalam formasi V.

Kuntul ini memangsa berbagai jenis ikan, kodok, krustasea, serangga air, dan juga belalang. Burung jenis ini bersarang dalam koloni, bercampur dengan burung-burung air lainnya. Sarangnya berupa tumpukan ranting-ranting serupa panggung, dibuat di pucuk-pucuk pohon; biasanya pohon yang tanahnya tergenang air. Ketika memikat pasangannya dalam percumbuan, burung-burung ini memperagakan gerakan-gerakan yang indah dengan bulu-bulu yang ditegakkan.

Telurnya berwarna biru pucat, berjumlah tiga sampai empat butir. Di Jawa Barat, kuntul kecil tercatat berbiak di bulan Februari hingga Juli, sedangkan di Jawa Timur antara Desember hingga Maret.

Penyebaran

Penyebaran alami kuntul kecil mencakup wilayah luas di Afrika, Eropa, Asia, dan Australasia. Di Indonesia burung ini ditemukan menetap di Jawa dan Bali (ras berkaki hitam, nigripes), yang mengembara hingga ke Sumatera dan Kalimantan. Di kedua pulau itu, di waktu-waktu tertentu juga ditemukan ras pengunjung berkaki kuning dari Asia daratan. Di sebagian besar kawasan Wallacea, terutama di wilayah-wilayah kepulauan, ditemukan ras nigripes; sedangkan ras garzetta berkaki kuning hanya tercatat sebagai pengunjung di Sulawesi Utara dan Ambon. Sementara di Papua, ras pengunjung kemungkinan kebanyakan datang dari Australia. 

Kuntul kecil sekarang juga memperluas wilayah sebarannya ke Dunia Baru. Catatan kehadiran kuntul kecil di wilayah ini diawali pada April 1954 di Barbados; dan pada 1994 burung ini terlihat mulai berbiak di pulau tersebut. Di berbagai derah mulai dari Suriname dan Brasil di selatan hingga Newfoundland dan Quebec di utara, kuntul kecil terlihat secara teratur dan semakin sering. Pada Juni 2011, seekor kuntul kecil teramati di Rawa Scarborough di Maine. 

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Kuntul_kecil

0 Response to "Mengenal Kuntul kecil (Egretta garzetta)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel