Mengenal Cangak/Kuntul Besar (Egretta alba)

Mengenal Cangak/Kuntul Besar (Egretta alba). Hewan ini adalah spesies burung dari keluarga Ardeidae, dari genus Egretta. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ikan, udang, belalang, larva capung yang memiliki habitat di mangrove, gosong lumpur dan pasir, sawah, laguna.

Ciri-Ciri Cangak/Kuntul Besar (Egretta alba)

Burung ini umumnya Berukuran besar kira-kira 95 cm, berbulu putih dengan leher bersimpul khas. Kulit muka biru-hijau tidak berbulu, paruh hitam dan kaki hitam di saat tidak berbiak. Saat berbiak kulit muka berubah kekuningan, paruh kuning biasanya berujung hitam, kaki dan tungkai hitam serta iris kuning.

Mengenal Cangak/Kuntul Besar (Egretta alba)


Burung Kuntul besar (Egretta alba) memiliki leher yang panjang dan khas sperti berbentuk huruf “S”. Pada saat tidak berbiak ujung paruh berwarna hitam, telapak kaki, dan jari kaki berwarna kuning, tungkainya berwarna hitam serta kulit muka bagian pipi agak kekuningan. Panjang paruh individu dewasa berkisar antara 15 – 20 cm. Pada musim berbiak kulit muka biru-hijau tidak berbulu, paruh hitam, bagian paha merah tidak berbulu, dan kaki hitam.

Habitat dan Kebiasaan Cangak/Kuntul Besar (Egretta alba)

Burung kuntul besar sering mengunjungi mangrove, gosong lumpur dan pasir, sawah, laguna. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ikan, udang, belalang, larva capung, sering juga terlihat berbaur dengan jenis kuntul lain. Hidup sendiri atau berkelompok. Berdiri agak tegak, mematuk mangsanya dari atas. Pada waktu kawin, pasangan burung saling menari dan mengejar. Terbang dengan gerakan kepakan sayap pelan dan anggun, namun penuh tenaga. Bersarang dalam sebuah koloni bersama dengan burung air lain. Sarang tersusun dari ranting - ranting yang dangkal, pada pucuk pohon. Telur burung ini berwarna pucat kebiru-biruan, berjumlah hingga 4 butir pada musim berbiak dibulan Desember hingga Maret, dan juga bulan Februari hingga Juli.

Penyebaran Cangak/Kuntul Besar (Egretta alba)

Burung ini memiliki daerah penyebaran luas meliputi Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Tengah, Papua Nugini, Australia dan Selandia Baru (Bushan dkk, 1993 ;Peters, 1979). Penyebaran jenis ini di Indonesia meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Flores, Timor dan Kepulauan Maluku.

koloni -koloni tempat berbiak diketahui di propinsi Riau, pesisir Sumatera Selatan, dan pulau Rambut di Jawa Barat. Tercatat sejumlah burung di beberapa tempat yang sesuai di Jawa Tengah bagian Selatan dan Jawa Timur, tetapi tidak dipastikan berbiak. Mencari makan di tempat yang sangat luas.

Sumber
http://www.aveslombok.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kuntul_besar

0 Response to "Mengenal Cangak/Kuntul Besar (Egretta alba)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel