Mengenal Hewan Landak

Mengenal Hewan Landak. Landak merupakan salah satu anggota dari ordo rodensia. Landak memiliki keunikan tersendiri karena memiliki bulu yang keras. Bulu keras ini merupakan salah satu alat perlindungan diri yang digunakan untuk menghadapi predator. Secara umum, landak memiliki dua macam rambut, yaitu rambut halus dan rambut yang mengeras atau duri. Seekor landak mempunyai kurang lebih 30.000 duri di tubuhnya (Roze 1989).

Mengenal Hewan Landak


Landak dibagi menjadi dua kelompok besar yakni Erethizontidae dan Hystricidae, walaupun begitu keduanya memiliki kesamaan yakni tubuhnya diselimuti oleh duri yang melindunginya dari predator. Duri juga digunakan untuk berkamuflase. Hewan ini agak "membulat" serta tidak terlalu lincah apabila dibandingkan dengan tikus. Karena rambut durinya, hewan lain yang mirip namun bukan pengerat, seperti hedgehog dan landak semut (Echidna), juga dikenali sebagai "landak".

Landak secara umum adalah herbivora, dan menyukai daun, batang, khususnya bagian kulit kayu. Karena hal inilah banyak landak dianggap sebagai hama tanaman pertanian. Meskipun demikian, orang juga menjadikan landak sebagai salah satu bahan pangan.

Ciri-Ciri Landak

Landak memiliki panjang badan antara 40 sampai dengan 91 cm dan panjang ekor berkisar antara 6 sampai dengan 25 cm. Bobot badan landak secara normal berada di antara 5.4 sampai dengan 16 kg (tergantung spesies). Landak memiliki bentuk tubuh lonjong dan cenderung untuk bergerak secara lambat. Landak memiliki berbagai macam corak rambut dan duri, yaitu coklat, hitam, abu-abu, dan putih. 

Kebanyakan orang mengira landak berhubungan dengan hedgehogs (Erinaceomorph) karena tubuh mereka sama-sama ditutupi oleh duri. Padahal, landak dan hedgehogs mempunyai hubungan kekerabatan filogenetik yang jauh (Vaughnet al. 2000).

Daerah Penyebaran Dan Habitat Landak

Landak mempunyai daerah penyebaran yang cukup luas. Rata-rata landak tinggal pada daerah tropis seperti Asia, Italia, Afrika, Amerika Selatan, dan Amerika Utara. Habitat landak adalah hutan, padang pasir, tempat berbatu, lereng bukit, dan padang rumput.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Landak

0 Response to "Mengenal Hewan Landak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel