Mengenal Keindahan Cenderawasih kerah (Lophorina superba)

Mengenal Keindahan Cenderawasih kerah (Lophorina superba). Jenis burung Cenderawasih ini adalah dari genus Lophorina. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai keindahan burung cendrawasih kerah.

Mengenal Keindahan Cenderawasih kerah (Lophorina superba)

Habitat Burung Cenderawasih Kerah

Burung Cenderawasih kerah tersebar di seluruh hutan di pulau Papua Jenis dari suku Paradisaeidae yang paling toleran. Hewan ini Hidup di tepi hutan pegunungan, kebun-kebun tua, dan semak hutan sekunder pada rentang ketinggian antara 1150 – 2300 m, meskipun lebih mudah dijumpai pada rentang ketinggian antara 1500 – 1800 m. Menghuni kanopi atas dan lapisan tengah kanopi. Mencari artropoda dan buah dari permukaan tanah sampai puncak kanopi hutan, biasanya sendirian mencari makan.

Karakteristik Cenderawasih kerah

Burung jantan berwarna hitam dengan mahkota berwana hijau pelangi mempunyai bulu penutup dadanya biru hijau dan berbulu pundak yang dapat menegak berwarna hitam beludru. 

Sedangkan Warna pada bulu burung betina bervariasi secara geografis seperti pada jenis-jenis burung Parotia betina; tudung kehitaman; alis dan garis malar pucat; dan terdapat warna coklat-merah metalik di tepi bulu-bulu primer. Beberapa ras memiliki warna kepala hitam. ada Juga yang Burung betinanya berwarna cokelat-kemerahan dan bawahnya bulu bergaris-garis warna cokelat. 

Perkembangbiakan Cendrawasih Kerah

Perkembangbiakan hewan ini dimulai dari jantan yang melakukan display untuk menarik pasangan antara bulan Agustus sampai Januari. Dimana burung Jantan bertengger di dahan yang tinggi ketika akan melakukan gerakan menarik pasangan. Persenggamaan melibatkan gerakan menari dan pose diam, dimana tutup dahi menegak dan tameng dada mengembang. Burung Cendrawasih Kerah jantan bersifat poligami dan menampilkan salah satu tarian kawin Pada awal penampilannya dia akan menyanyikan nada keras dan cepat, lalu dia mulai melompat-lompat di depan betinanya. Tiba-tiba bulu pundaknya dan bulu penutup dada yang tadinya terlipat, menegak keluar dan mengembang di kepalanya dan membuatnya menjadi penari berbentuk elips. 

Untuk cendrawasih Betina mereka membangun dan menjaga sarang sendirian. Dimana Sarang berbentuk mangkuk, pada ketinggian 1,5 m atau lebih, biasanya pada pohon palem. Jumlah telur 1-2 butir. Burung jantan berwarna hitam metalik kebiruan; dengan penutup dada berbentuk baji dan tudung hitam beledu, tegak (panjang 6 cm.). 

Walaupun banyak diburu untuk diambil bulunya, burung Cenderawasih Kerah merupakan salah satu jenis burung yang umum dan tersebar luas di hutan-hutan Papua. Burung Cenderawasih Kerah dievaluasi berisiko rendah di dalam IUCN Red List dan didaftarkan dalam CITES Appendix II.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Cenderawasih_kerah

0 Response to "Mengenal Keindahan Cenderawasih kerah (Lophorina superba)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel