Mengenal Sapi limousin Merupakan Tipe Pedaging

Mengenal Sapi limousin Merupakan Tipe Pedaging. Sapi limousin adalah sapi yang awalnya dikembangkan di Perancis. Sapi limousin merupakan tipe sapi pedaging dengan perototan yang lebih baik dari sapi simmental. Secara genetik, sapi Limosin adalah sapi potong yang berasal dari wilayah beriklim dingin dan merupakan sapi potong tipe besar, sebab memiliki volume rumen yang besar, punya kemampuan menambah konsumsi di luar kebutuhan yang sebenarnya atau di sebut juga voluntary intake dan metabolisme yang cepat, sehingga di tuntut tata laksana pemeliharaan yang lebih teratur.


Keunggulan Sapi limousin

Waktu yang diperlukan untuk penggemukan atau pertumbuhannya lebih pendek dan singkat. Jenis sapi ini juga lebih tahan lama terhadap serangan berbagai macam penyakit, terutama antraks. Dengan proses pertumbuhannya lebih cepat serta ukuran beratnya yang juga lebih tinggi sehingga jumlah dagingnya pasti lebih banyak. Kualitas sapi limousin dinilai lebih bagus danlezat untuk dijadikan hidangan sehingga nilai jual dari sapi jenis ini lebih tinggi dan mahal.

Mengenal Sapi limousin Merupakan Tipe Pedaging


Ciri-Ciri Sapi limousin

Sapi Limousin merupakan tipe sapi pedagiing dengan perontokan yang lebih baik dari simmental, warna bulu coklat tua kecuali disekitar ambing berwarna putih serta lutut kebawah dan sekitar mata berwarna lebih muda. Jenis sapi ini memiliki bentuk tubuh yang besar. Pertumbuhan sapi ini sangat cepat.

Perkembangbiakan Sapi limousin

Sapi di alam bebas akan melakukan perkawinan antara sapi jantan dan betina setelah masa pubertas. Sapi betina menunjukkan berahi pada umur 12—15 bulan, sedangkan jantan umur 12 bulan. Namun, sebaiknya sapi betina di peternakan dikawinkan umur 18—24 bulan dan sapi jantan dikawinkan sebaiknya umur 18 bulan.

Perkawinan akan terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia. Sapi limousin akan beranak setelah bunting 280 hari dari perkawinannya. Anak sapi yang dilahirkan dalam satu kali kelahiran adalah satu ekor sapi. Namun, dapat pula terjadi kembar 2 atau 3 ekor walaupun jarang terjadi.

Pakan Sapi limousin

Jenis pakan sapi limousin sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sapi yang lain, tapi mengingat sapi limosin adalah sapi tipe besar pasti membutuhkan jumlah makanan lebih banyak pula. Untuk pakan sapi limosin, dapat di berikan pakan hijauan yang berupa rumput, dedaunan hijau dan leguminosa. Untuk memperkecil biaya produksi, tidak perlu membeli pakan. Pakan bisa di buat sendiri dengan menanam berbagai jenis rumput dan legume di sekitar kandang seperti rumput gajah dan rumput gembala yang tingginya bisa mencapai 1 meter. Untuk pemeliharaan rumputnya bisa memanfaatkan limbah sapi atau kotoran sapi limosin sebagai pupuk. Karena sudah menanam banyak jenis rumput sehingga setiap hari pakannya harus berbeda – beda jangan sama agar sapi tidak bosan. Memberi makannya tidak hanya sekedar di berikan begitu saja, rumput yang di hasilkan di olah menggunakan mesin pencacah rumput untuk memotong rumput agar si sapi tidak kesulitan dalam mencerna makanan.

Selain itu, untuk mencapai berat yang di inginkan, di berikan juga konsentrat (pakan tambahan) agar serta vitamin agar sapi nafsu makan dan tetap sehat. Konsentrat sering juga di kenal sebagai bahan pakan ternak yang memiliki kadar karbohidrat, nutrisi protein, maupun kadar serat kasar yang cukup rendah di bawah 18%. Agar dapat membuat konsentrat yang berkualitas baik dengan biaya murah bisa di gunakan bahan alami hasil pengolahan pertanian, seperti bekatul atau dedak padi atau juga bisa di ganti dengan batang rumbia yang mengandung sagu rumbia. Ada juga yang memberikan ampas tahu dan ampas singkong. Sebaiknya berikanlah pakan konsentrat 2 – 3 jam sebelum di beri pakan hijau.

Bibit Sapi Limosin Yang baik Untuk Ternak

  1. Membedakan jenis kelamin bibit sapi limosin yang akan dipilih.
  2. Perhatikan proporsi badan bibit mulai dari samping, belakang, depan dan seluruh badannya.
  3. Pilihlah bibit dengan kepala yang terlihat besar namun seimbang dengan tubuhnya.
  4. Memilih bibit sapi limosin yang lehernya besar, tebal, kuat serta bergelambir.
  5. Punggung sapi limosin sebaiknya memiliki punggung yang lurus sejajar serta tidak bengkok atau melengkung.
  6. Mulut sapi limosin tersebut terlihat datar.
  7. Perut dan tulang rusuk sapi limosin sebaiknya dipilih yang tulang rusuknya tidak melengkung ke dalam, karena itu artinya sapi terlihat seperti kurang berisi.
  8. Sapi limosin jantan yang akan dipilih memiliki 2 testis dan yang betina memiliki 4 buang putting.
  9. Kaki sapi limosin terlihat normal dan tidak cacat (tidak pincang).
Sumber
http://erakini.com/bibit-sapi-limosin/

0 Response to "Mengenal Sapi limousin Merupakan Tipe Pedaging"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel