Mengenal Cangak Merah (Ardea purpurea)

Mengenal Cangak Merah (Ardea purpurea). Cangak Merah adalah spesies burung yang berukuran besar, yakni 60-80 cm. Warna abu-abu coklat berangan. Iris kuning, paruh coklat, kaki coklat kemerahan. Bulu lainnya pada burung ini berwarna coklat kemerahan. Terdapat setrip hitam menurun sepanjang leher yang merah-karat khas. Punggung dan penutup sayap abu-abu, bulu terbang hitam.

Mengenal Cangak Merah (Ardea purpurea)


Habitat Cangak Merah

Habitat dan Penyebaran di lahan basah tidak terbatas di pesisir, mangrove, sawah, danau, aliran air, kadang perbukitan. Tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl. Afrika, Erasia, Filipina, Sunda Besar. Di Indonesia, terdapat di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara. Makanan dan Perkembangbiakan, makanan burung ini adalah ikan, katak, reptil, larva serangga, dan krustasea. 

Prilaku Cangak Merah

Mengendap endap sendirian di sepanjang perairan dangkal yang penuh gulma, dengan kepala merendah ke bawah dan ke samping untuk menangkap ikan dan makanan lain. Terbang dengan leher ditekuk dan bersarang dalam koloni besar.

Perkembangbiakan Cangak Merah

Masa bertelur dari burung cangak merah diantara bulan April hingga bulan Juli. Dalam satu kali masa bertelur, burung ini mampu bertelur sebanyak 4-6 butir telur. Setelah mengerami selama 23 hari anak burung cangak merah akan menetas dari telurnya. Setelah itu induk akan mengasuh anaknya hingga mampu tebang. Setelah itu induk akan membiarkan anak untuk mencari makan sendiri.

Makanan Cangak Merah

Makanan alami dari burung cangak merah  adalah katak, ikan tawar, udang, ular air, laron, kadal, dan serangga-serangga kecil. Burung jenis ini cenderung mencari makan saat menjelang sore hari atau di pagi hari.

Dikutip dari berbagai sumber.

0 Response to "Mengenal Cangak Merah (Ardea purpurea)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel