Burung Cendrawasih Jenis Dan Keindahaannya

Burung Cendrawasih Jenis Dan Keindahaannya. Burung Cendrawasih layak digelari sebagai Burung Surga (Bird of Paradise). Burung Cendrawasih yang merupakan burung khas Papua, terutama yang jantan, memiliki bulu-bulu yang indah layaknya bidadari yang turun dari surga (kayangan). Keindahan bulu Cendrawasih tiada duanya. Burung-burung Cenderawasih merupakan anggota famili Paradisaeidae dari ordo Passeriformes. Jenis ini  ditemukan di Indonesia timur, pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, dan Australia timur. Jenis Burung ini dikenal karena bulu yang sangat memanjang dan rumit yang tumbuh di paruh, sayap atau kepalanya.

Baca Juga Mengenal Karakteristik Penguin

Burung Cenderawasih yang paling terkenal adalah anggota genus Paradisaea, termasuk spesies tipenya, Cenderawasih kuning-besar, Paradisaea apoda. Jenis ini dideskripsikan dari spesimen yang dibawa ke Eropa dari ekpedisi dagang. Spesimen ini disiapkan oleh pedagang pribumi dengan membuang sayap dan kakinya agar dapat dijadikan hiasan. Hal ini tidak diketahui oleh para penjelajah dan menimbulkan kepercayaan bahwa burung ini tidak pernah mendarat namun tetap berada di udara karena bulu-bulunya. Inilah asal mula nama bird of paradise ('burung surga' oleh orang Inggris) dan nama jenis apoda - yang berarti 'tak berkaki'.

Burung Cendrawasih Jenis Dan Keindahaannya

Banyak jenis ini mempunyai ritual kawin yang rumit, dengan sistem kawin jenis-jenis Paradisaea adalah burung-burung jantan berkumpul untuk bersaing memperlihatkan keelokannya pada burung betina agar dapat kawin. Sementara jenis lain seperti jenis-jenis Cicinnurus dan Parotia memiliki perkawinan yang beraturan. Burung jantan pada jenis yang dimorfik seksual bersifat poligami. Banyak burung hibrida yang dideskripsikan sebagai jenis baru, dan beberapa spesies diragukan kevalidannya. Jumlah telurnya belum dapat dipastikan. Pada jenis besar, mungkin hampir selalu satu telur. Jenis kecil dapat menghasilkan sebanyak 2-3 telur.

Baca Juga Mengenal Ikan Piranha

Oleh masyarakat Papua, burung cendrawasih dipercaya sebagai titisan bidadari dari surga. Dulunya burung ini dianggap sebagai burung cantik tetapi tidak berkaki. Mereka tidak akan turung ke tanah tetapi hanya berada di udara saja lantaran bulu-bulunya yang indah. Karena itu kemudian burung Cenderawasih terkenal sebagai Bird of Paradise atau Burung Surga (Kayangan). Dan beberapa jenis yang terkenal adalah dari genus Paradisaea yang penamaannya berasal dari kata Paradise.

Baca Juga Mengenal Hewan Komodo

Ciri-ciri Burung Cendrawasih

  1. Cendrawasih memiliki ciri khas bulunya yang indah yang dimiliki oleh burung jantannya. Biasanya bulunya berwarna cerah dengan gabungan sebagian warna layaknya warna hitam, cokelat, kemerahan, oranye, kuning, putih, biru, dan hijau serta ungu.
  2. Ukuran burung Cenderawasih beragam macam. Dimulai dari yang memiliki ukuran 15 cm dengan berat 50 gram layaknya pada type Cendrawasih Raja ( Cicinnurus regius ), sampai yang memiliki ukuran sebesar 110 cm Cendrawasih Paruh Sabit Hitam ( Epimachus albertisi ) atau juga yang beratnya meraih 430 gram layaknya pada Cendrawasih Manukod Jambul-bergulung ( Manucodia comrii ).
  3. Keindahan bulu Cendrawasih jantan dipakai untuk menarik perhatian lawan type. Untuk merayu sang betina supaya bersedia diajak kawin, burung jantan dapat memamerkan bulunya dengan lakukan tarian-tarian indah. Sembari bernyanyi diatas dahan, pejantan bergoyang dengan beragam gerakan ke beragam arah. Apalagi kadang-kadang sampai bergantung terbalik bertumpu pada dahan. Tetapi, setiap spesies Cendrawasih pastinya mempunyai jenis tarian tersendiri.
Cenderawasih terdiri dari Beberapa jenis di antaranya adalah:
  1. Cenderawasih biru
  2. Cenderawasih gagak
  3. Cenderawasih goldi
  4. Cenderawasih kaisar
  5. Cenderawasih kerah
  6. Cenderawasih kuning-besar
  7. Cenderawasih kuning-kecil
  8. Cenderawasih mati-kawat
  9. Cenderawasih merah
  10. Cenderawasih panji
  11. Cenderawasih parotia
  12. Cenderawasih raggiana
  13. Cenderawasih raja
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Burung-burung_Cenderawasih
http://www.satwa.net/551/burung-cendrawasih-ciri-ciri-dan-habitat-cendrawasih.html

0 Response to "Burung Cendrawasih Jenis Dan Keindahaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel