Klasifikasi Lobster Air Tawar

Klasifikasi Lobster Air Tawar. Lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) merupakan salah satu jenis krustase yang memiliki ukuran dan bentuk tubuh hampir sama dengan lobster air laut. Lobster ini memiliki keunggulan dibandingkan lobster laut, diantaranya sudah dapat dibudidayakan dan teknik budidaya yang lebih mudah.

Lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) atau fresh water crayfish merupakan salah satu genus yang termasuk ke dalam kelompok udang tawar (Crustacea), yang secara alami memiliki ukuran tubuh besar dan seluruh siklus hidupnya di lingkungan air tawar. Lobster air tawar memiliki beberapa nama internasional, yaitu crawfish dan crawdad. Berdasarkan penyebarannya di dunia, terdapat 3 famili lobster air tawar yaitu famili Astacidae, Cambaridae, Parastacidae.

Klasifikasi Lobster Air Tawar


Menurut Wikipedia Lobster air tawar adalah crustacea yang menyerupai lobster dan hidup di air tawar yang tidak dapat membeku sampai ke dasar. Ikan ini dapat hidup di berbagai tempat di mana ada air tawar yang mengalir dan memiliki tempat untuk berlindung. Kebanyakan lobster air tawar tidak dapat hidup di air yang tercemar, dan beberapa spesies merupakan spesies invasif seperti Procambarus clarkii. Lobster air tawar berada dalam superfamili Astacoidea dan Parastacoidea. Hewan ini bernapas dengan insang yang menyerupai bulu unggas dan memakan zooplankton, tumbuhan air, maupun bangkai hewan air.

Lobster air tawar telah banyak dikembangkan dalam skala akuarium atau kolam sebagai komoditi ikan hias dan ikan konsumsi. Lobster ini dapat tumbuh dan berkembang cepat, sehingga sangat potensial dikembangkan di Indonesia.

Klasifikasi Lobster Air Tawar

  1. Kingdom : Animalia
  2. Phylum : Arthropoda
  3. Subphylum  : Crustacea
  4. Class : Malacostraca
  5. Ordo  : Decapoda
  6. Subordo  : Pleocyemata
  7. Superfamily : Parastacoidea
  8. Famili : Parastacidae
  9. Genus : Cherax
  10. Spesies : Cherax quadricarinatus

lobster air tawar mempunyai prospek yang cukup cerah dalam sektor perikanan. Selain mudah dibudidayakan, hewan ini tidak mudah terserang penyakit, bersifat omnivor, pertumbuhan cepat dan memiliki daya bertelur tinggi. Bila dilihat dari aspek teknis budidaya dan potensi pasar, lobster air tawar layak dikembangkan secara luas dimasyarakat sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi dan tetap terjaga kelestariannya. Keberhasilan budidaya lobster air tawar sangat dipengaruhi oleh ketersedian benih yang berkualitas.

Dikutip dari berbagai sumber.

0 Response to "Klasifikasi Lobster Air Tawar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel